lagiPengen
  • Tau
  • Asoy
  • Tutorial
  • Zodiak
  • Gadget
  • Ngayab
  • Ngegas
No Result
View All Result
  • Login
lagiPengen
  • Tau
  • Asoy
  • Tutorial
  • Zodiak
  • Gadget
  • Ngayab
  • Ngegas
No Result
View All Result
  • Login
lagiPengen
  • Indeks
  • Lirik Lagu
  • Gadget
  • Asoy
  • Makan
  • Musik
  • Ngayab
  • Ngegame
  • Ngegas
  • Sehat
  • Tau
  • Tutorial
  • Update
  • Viral
  • Zodiak
ADVERTISEMENT
Home Ngegas
ban belakang botak

Kenapa Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak? Ini Alasannya

BrozybyBrozy
Oktober 30, 2024
in Ngegas, Tau
A A
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

Pernah nggak kamu cek ban motor, dan ngelihat kalau ban belakang udah mulai botak duluan? Tenang, itu hal yang umum banget.

Tapi kenapa ya, ban belakang cenderung lebih cepat abis dibanding ban depan?

Yuk, kita bahas beberapa alasannya biar kamu paham dan bisa lebih perhatian sama kondisi ban motor!

Pertama, ban belakang menanggung beban lebih berat. Biasanya, posisi mesin dan pengendara lebih banyak bebannya di belakang, belum lagi kalau ada penumpang atau barang bawaan

Akibatnya, ban belakang harus kerja lebih keras buat nyangga semua beban ini, jadi wajar kalau dia lebih cepet aus.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain itu, ban belakang yang ngatur daya traksi buat jalanin motor. Kalau motor kamu adalah motor tipe otomatis atau kopling, semua tarikan berasal dari ban belakang.

BACA INI JUGA DEH

50 Tahun Betadine: Menjadi Andalan Kesehatan Keluarga Indonesia Sejak 1975

50 Tahun Bersama Indonesia, Betadine Teguhkan Komitmen Lewat Kampanye “Unstoppable Stories”

Agustus 19, 2025
23
Aksi Bersih Laut di Kepulauan Seribu: Garmin Indonesia Gandeng Divers Clean Action

Aksi Bersih Laut di Kepulauan Seribu: Garmin Indonesia Gandeng Divers Clean Action

Agustus 12, 2025
18

Jadi, setiap kali kamu ngegas atau ngerem mendadak, ban belakang yang paling banyak kena gesekan. Gesekan inilah yang bikin permukaan ban belakang cepat botak.

Hal lain yang bikin ban belakang lebih cepat aus adalah kondisi jalan dan cara kamu berkendara.

Kalau kamu sering lewat jalanan kasar atau penuh lubang, dan sering juga ngebut atau nge-drift kecil-kecilan di tikungan, itu semua kasih tekanan ekstra buat ban belakang.

Akhirnya, pola ban jadi cepet tipis karena gesekan ekstra yang terjadi setiap kali motor beraksi.

Terakhir, jangan lupakan soal tekanan angin di ban. Ban yang kurang angin lebih gampang aus, terutama di bagian tengahnya, karena permukaan ban nggak bisa nyebarin beban secara merata. Jadi, pastiin tekanan angin selalu sesuai anjuran biar ban nggak cepet botak.

Tags: ban belakangban motorbotak
Share1Tweet1Send
Brozy

Brozy

Zona bebas drama, tapi humor selalu diterima!

KONTEN TERKAIT

50 Tahun Betadine: Menjadi Andalan Kesehatan Keluarga Indonesia Sejak 1975

50 Tahun Bersama Indonesia, Betadine Teguhkan Komitmen Lewat Kampanye “Unstoppable Stories”

Agustus 19, 2025
23
Aksi Bersih Laut di Kepulauan Seribu: Garmin Indonesia Gandeng Divers Clean Action

Aksi Bersih Laut di Kepulauan Seribu: Garmin Indonesia Gandeng Divers Clean Action

Agustus 12, 2025
18

PINTU Gelar Kompetisi Futures Trading “Profit Racer” di Tengah Rekor Baru Harga Bitcoin

Juli 22, 2025
19

Discussion about this post

Kalian, lagiPengen apa?

  RANDOM BANGET
No Content Available
Next
Prev
  • Contact
  • About us
  • Privacy Policy
  • ToS

© 2024 – PT. lagiPengen Berdikari

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
No Result
View All Result
  • Indeks
  • Lirik Lagu
  • Gadget
  • Asoy
  • Makan
  • Musik
  • Ngayab
  • Ngegame
  • Ngegas
  • Sehat
  • Tau
  • Tutorial
  • Update
  • Viral
  • Zodiak

PT. lagiPengen Berdikari
© 2024

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.