Buat kalian yang lagi nyari Porsche 911 baru dengan vibe old-school Carrera, sekarang ada yang keren banget buat 2025! Carrera T, yang selama dua generasi terakhir ada di ujung bawah (relatif ya, maksudnya harga masih terjangkau) di-lineup 911, balik lagi dan kali ini makin kental banget dengan nuansa purist-nya 911.
Yang paling keren, sih, Carrera T cuma hadir dengan transmisi manual, kalimat yang pasti jadi surat cinta buat para penggemar mobil lawas. Gak cuma itu, Porsche juga bikin pengalaman shifting makin fun dengan knob persneling yang terbuat dari kayu walnut.
Porsche mungkin agak berlebihan dalam menghadirkan pengalaman yang lebih kasar dan kembali ke masa lalu, soalnya 911 yang jadi dasar Carrera T ini udah lebih modern dari sebelumnya.
Bahkan ada varian hybrid, meskipun sampai sekarang cuma ada di trim GTS. Tapi, jangan khawatir, meskipun makin canggih, Carrera T tetep punya beberapa fitur yang bikin kita inget 911 jaman dulu.
Misalnya, transmisi manual yang jadi satu-satunya pilihan, sport seat berbahan sintetis hitam plus kain tartan (yaa, serius, kain tartan!) sebagai standar. Ingat juga, 911 generasi baru lainnya udah semua pake dual-clutch otomatis, jadi ini bener-bener menjadi pilihan yang langka dan istimewa.
Apa aja yang baru? Secara garis besar, Porsche melakukan “T treatment” seperti yang udah sering mereka lakukan, yaitu nyediain opsi performa utama pada model Carrera dasar yang bikin mobil jadi lebih ringan dan lebih sporty, sementara harga tetep lebih terjangkau dibanding 911 Carrera S.
Di sini, Carrera T punya fitur-fitur performa keren, kayak roda 20 inci di depan dan 21 inci di belakang dengan warna Vanadium Grey Metallic, kaca ringan, pengurangan material peredam suara, exhaust khusus, splitter depan dari GTS, paket Sport Chrono, serta pilihan kursi bucket dari serat karbon yang fix-back dan interior kit dengan jahitan biru serta aksen warna yang kece.
Kita juga udah denger soal mesinnya, kan? Carrera T tetap pakai mesin twin-turbo 3.0-liter flat-six dengan tenaga 388 hp dan torsi 448 Nm yang nyalurin tenaga ke roda belakang.
Ada beberapa upgrade untuk performa, kayak rear-wheel steering yang baru, rasio kemudi lebih cepat, anti-roll bars yang diperbarui, dan pengecilan tinggi mobil sekitar 0.4 inci dari Carrera biasa.
Pokoknya, feel-nya bakal makin beda, mulai dari pengalaman mengemudi sampe handling yang lebih mantap, dengan kaliper rem depan enam piston dan rotor yang lebih besar.
Dan nih yang unik, kali ini Carrera T tersedia dalam dua versi: coupe dan Cabriolet. Jadi kalian yang pengen merasa experience manual-nya lebih terbuka bisa pilih Cabriolet, walaupun Cabriolet sedikit lebih lambat (0.2 detik lebih lama untuk 0-100 kpj, 4.5 detik, dan top speed-nya cuma 293 kpj).
Tapi ya, Cabriolet bakal kasih sensasi suara mesin dan angin yang lebih terasa!
Kesimpulannya, Porsche masih tetep pertahankan DNA Carrera T yang sederhana, sporty, dan fun, yang terinspirasi dari model 911 T yang dulu pernah ada di tahun 1968-1973.
Jadi, kalau kalian pengen rasain sendiri sensasi purist ini, kalian bisa mulai order Carrera T sekarang, dengan harga mulai dari $135,995 atau setara dengan Rp2,1 miliar untuk yang coupe dan $149,295 atau setara dengan Rp2,3 miliar untuk Cabriolet. Gimana, tertarik?