Nggak ada yang tau pasti gimana bentuk mobil listrik pertama dari V Series-nya Cadillac, tapi yang jelas, brand mobil mewah ini bakal mengalihkan fokusnya dari mobil performa bensin yang selama ini jadi ciri khas mereka ke mobil listrik, dan itu bakal terjadi nggak lama lagi.
Penasaran tentang mobil listrik pertama V Series? Kita semua masih bingung setelah Cadillac baru-baru ini ngebocorin konsep Opulent Velocity, model listrik V Series yang bener-bener baru, yang bakal rilis kapan aja dalam waktu dekat. Dan tadi, Cadillac ngumumin si 2026 Cadillac Lyriq-V.
Sekarang kita udah punya gambaran sedikit soal kapan Cadillac Lyriq-V ini bakal muncul: Cadillac bilang sih, awal 2025. Waktu itu juga kita bakal dapet informasi lebih lengkap tentang varian performa tinggi dari Lyriq, SUV mewah listrik yang udah ada.
Nah, soal Opulent Velocity? Konsepnya sih bakal rilis akhir tahun ini, tapi kapan versi produksinya? Belum jelas, guys. Jadi bisa dibilang, Cadillac Lyriq-V bisa jadi model V Series pertama Cadillac yang pakai baterai, Cadillac juga janji kalau itu bakal jadi SUV listrik pertama yang dapet sentuhan V Series penuh.
Tapi ya, itu aja sih yang kita tau buat sekarang, soalnya Cadillac belum kasih info lebih lanjut selain tanggal rilis dan janji bakal ada detail lebih lengkap nanti. Oh, dan mereka kasih dua gambar Lyriq-V yang ada di sini.
Soal styling, yang bisa kita nilai cuma tampilan luar doang, jadi kita coba bahas sedikit aja. Lyriq-V keliatan lebih rendah dibandingkan model Lyriq biasa, dengan posisi mobil yang turun banget, kayak yang biasa kita liat di varian performa.
Ada tambahan rocker panel yang gede dan flare body warna mobil yang keren, terus pilar atap dan atapnya sendiri dicat hitam kontras. Di depan, ada intake bawah yang lebih gede, plus pola “mesh” yang lebih teknis di bagian “grille”-nya yang di model Lyriq biasa, biasanya cuma dapet sentuhan garis-garis halus aja.
Meski nggak ada knalpot gede yang biasanya kita temuin di mobil V Series, dari belakang, Lyriq-V tetep ngasih kesan mobil performa banget.
Ada bumper bawah yang lebih agresif, dan secara keseluruhan, SUV ini keliatan lebih rendah dan lebih lebar di bagian fender, yang bikin tampilan lampu belakang Lyriq yang unik makin dramatis. Ada juga emblem V yang khas di bagian belakang, dan spoiler gede di atas dan bawah kaca belakang.
Sekarang sih belum ada info lain yang bisa kita share. Tapi kita bisa duga, mungkin Lyriq-V bakal pake baterai yang ukurannya kurang lebih sama dengan model biasa, yang mana, ditambah dengan ban yang lebih performa, fender yang lebih lebar, dan intake yang lebih gede yang semuanya bikin drag lebih besar, pasti akan mengurangi jangkauan berkendara secara keseluruhan.
Begitu juga dengan motor listrik depan dan belakang yang pastinya lebih powerful, kita rasa Lyriq-V nggak bakal keluar dengan cuma motor belakang doang (Lyriq versi standar kan ada yang rear-wheel-drive, dengan motor belakang aja), soalnya kalau cuma satu motor, tenaga yang bisa dipake bakal kebuang sia-sia.
Dan pasti aja, V ini bakal punya tenaga yang lebih gede dibandingkan Lyriq yang paling kuat saat ini, yang dual-motor all-wheel-drive dengan 500 hp.
Kita sih nggak sabar liat Cadillac Lyriq-V, SUV EV pertama dari V Series dan bisa jadi EV pertama dari Cadillac yang pake embel-embel V apalagi karena Lyriq biasa udah nunjukin potensi yang bagus, meskipun bukan mobil yang sporty banget.
Suspensi mobil ini luar biasa, bikin mobil tetep enak dikendarain dengan kualitas ride yang top, tanpa ada kompromi, meskipun nggak pake suspensi elektronik fancy.
Lyriq pake passive frequency selective dampers lebih simpel, lebih ringan, dan sepertinya tetep efektif kayak sistem yang bisa disetel secara elektronik.
Begitu juga dengan sistem rem, feel, dan mode nyetir satu pedal yang juga udah keren banget dan kita harap sih tetap begitu, dengan tambahan daya pengereman yang lebih besar, apalagi yang bakal dibawa sama rem-rem gede yang pasti dipasang di Lyriq-V.
Discussion about this post