Udah capek dengar rumor soal kembalinya mesin rotary Mazda? Sama, bestie! Sejak RX-8 pamit dari jalanan, gosip soal kembalinya rotary ini udah sering banget beredar, kayak cerita lama soal Corvette yang katanya bakal jadi mid-engine.
Eh, tapi Corvette beneran kejadian lho, walau butuh waktu beberapa dekade. Jadi, waktu Presiden Mazda, Katsuhiro Mogo, ngasih sinyal positif soal rotary di Tokyo Auto Salon awal tahun ini (dilaporkan oleh Response), dan sekarang lebih jelas lagi lewat konfirmasi dari Carscoops, rumor ini kayaknya enggak bisa diabaikan begitu aja.
Menurut Mogo, Iconic-SP Concept dapet sambutan super positif. Gimana enggak? Coupe keren ini hadir dengan mesin rotary legendaris (meskipun cuma sebagai range extender) dan sukses bikin kita ngehalu. Dalam mimpi, ini kayak perpaduan Miata baru yang elegan dengan vibes RX-7 FD, lengkap dengan sentuhan styling yang lebih modern dan paket elektrifikasi.
Mazda bilang, Iconic-SP punya output sistem gabungan sebesar 365 horsepower. Kalau liat bodinya yang ramping dan reputasi Mazda soal bikin mobil ringan, tenaga segitu udah cukup bikin mobil ini ngebut kayak roket!
Produksi Mobil Baru? RX atau Miata Generasi Baru?
Jadi, Iconic-SP ini bakal nge-preview mobil produksi baru. Tapi, bentuk akhirnya apa? Apakah bakal jadi RX sports car baru? Generasi baru MX-5 Miata? Atau malah sesuatu yang totally different? Masih jadi misteri.
Yang jelas, respons publik yang antusias bikin Mazda gercep. Kata Mogo, tim pengembang rotary engine yang udah lama off duty kini dihidupin lagi buat ngejar “mimpi” produksi Iconic-SP.
Dan gak main-main, tim rotary ini bakal diisi 30 engineer yang fokus bikin mesin ini relevan di era transisi menuju karbon netral.
Rotary dan Karbon Netral: Jalan Menuju Masa Depan
Mazda emang belum jadi jagoan di dunia EV, tapi mereka punya kartu as: pengalaman puluhan tahun ngejalanin rotary engine pakai hidrogen. Fun fact: di tahun 2009, mereka udah punya RX-8 dual-fuel (hidrogen dan bensin). Plus, eksperimen mereka soal hybrid rotary series juga udah berjalan lama, bahkan sempet diterapin di Mazda 5.
Patent terbaru Mazda kasih hint soal pembaruan rotary lama ini. Kabarnya, rotary baru ini bakal jadi range extender dengan konfigurasi tiga rotor. Hidrogen sendiri punya kelebihan karena bisa terbakar bersih dan diproduksi dengan cara yang ramah lingkungan (walau agak ribet sih). Tapi, bikin infrastruktur buat kendaraan hidrogen itu tantangan besar.
Masa Depan Rotary: Bakar Hidrogen atau Bahan Bakar Lain?
Mazda belum fix kalau rotary-nya nanti bakal pakai hidrogen. Mereka cuma bilang kalau SP bakal pakai “carbon-neutral fuel.” Itu bisa berarti banyak hal, dari hidrogen, e-fuel, sampai bahan bakar sintetis lainnya.
Janji hijau emang murah, tapi tantangan ada di tangan 30 engineer Mazda buat bener-bener deliver mesin yang sesuai sama janji besar Iconic-SP. Siap-siap, bro and sis, mimpi bakal jadi kenyataan!
Discussion about this post