Siapa sangka merek motor premium Austria, KTM, lagi seret duit? Utang perusahaan ini diprediksi bisa mencapai 3 miliar Euro alias Rp 50 triliun. Kondisi keuangan KTM memburuk drastis, bikin mereka harus masuk ke masa administrasi mandiri untuk restrukturisasi biar nggak sampai kolaps.
Masalah ini pertama kali mencuat Oktober 2024, waktu direksi perusahaan dipangkas habis dari enam jadi cuma dua orang. Selain itu, KTM juga harus PHK ratusan karyawan, sementara ribuan motor yang nggak laku di showroom bikin mereka stop produksi sampai Januari 2025.
Penyebab Krisis: Resesi dan Perubahan Permintaan
Awal 2024, KTM menyalahkan resesi di Jerman dan perubahan pasar sebagai biang kerok turunnya performa keuangan. Meski sempat catat untung 100 juta Euro di 2023, saham mereka udah anjlok drastis sejak Februari 2022.
Menurut ahli kebangkrutan, Cornelia Wesenauer, kondisi KTM sekarang udah masuk tahap kritis. “Kewajiban mereka ternyata jauh lebih besar dari yang kita kira. Ini jadi prosedur kebangkrutan terbesar di Austria tahun ini,” katanya.
Proyek MotoGP Tetap Gaspol
Di tengah gonjang-ganjing keuangan, KTM tetap pede jalanin proyek MotoGP 2025. Kepala divisi motorsport, Pit Beirer, bilang semuanya masih sesuai rencana. Tim pabrikan KTM akan andalkan Pedro Acosta dan Brad Binder, sementara tim Tech3 dukungan pabrikan akan menurunkan Maverick Viñales dan Enea Bastianini.
GasGas dan Husqvarna Hilang dari Grid
Sayangnya, imbas dari krisis ini nggak bisa dielak. Dua merek lain di bawah KTM, GasGas dan Husqvarna, terpaksa mundur dari arena balap. Padahal, sebelumnya mereka sempat eksis dengan performa yang cukup oke di lintasan.
Nasib Ribuan Karyawan dan Gaji Natal
Nasib ribuan karyawan KTM juga lagi di ujung tanduk. Meski gaji bulan November 2024 udah dipastikan aman, pembayaran gaji Desember dan bonus Natal bakal ditanggung dari Dana Gaji Kebangkrutan.
Kini, pertanyaan besar yang tersisa: apakah KTM bisa bangkit dari keterpurukan ini sambil tetap menjaga ambisi mereka di dunia balap? Semua mata tertuju ke langkah-langkah selanjutnya dari raksasa otomotif Austria ini.
Gimana menurut kalian, apakah KTM bakal survive, atau ini akhir dari dominasi mereka?
Discussion about this post