Ketika BMW meluncurkan generasi baru M5, dunia otomotif langsung melirik. Tapi kali ini ada alasan ekstra untuk bersemangat: hadirnya varian Touring! Yup, setelah absen lebih dari satu dekade, akhirnya M5 Touring kembali hadir—dan yang bikin tambah heboh, ini pertama kalinya varian ini tersedia di Amerika Serikat.
Walaupun pecinta mobil di AS harus menunggu sampai awal tahun depan untuk mencobanya, tim di Jerman udah dapat kesempatan menjajalnya duluan. Kalau kamu suka sedan M5 yang dibanderol $120,675, Touring-nya dengan harga $122,675 akan kasih vibe serupa, cuma beda body aja.
Baik sedan maupun Touring berbagi mesin yang sama: V8 4.0-liter plug-in hybrid (PHEV) dengan tenaga brutal 717 hp (725 PS) dan torsi 738 lb-ft (1,000 Nm). Angka-angka ini cukup buat bikin siapa pun terpesona, apalagi dengan akselerasi 0-60 mph (97 km/jam) dalam 3,5 detik. Memang,
Touring sedikit lebih lambat dibandingkan sedannya yang bisa melakukannya dalam 3,4 detik, tapi tetap saja ini gila cepat untuk ukuran wagon. Penasaran soal kecepatan puncak? Batasan standar ada di 155 mph (240 km/jam), tapi kalau kamu berani (dan punya duit ekstra), opsi limiter 190 mph (305 km/jam) juga tersedia.
Meskipun beratnya bertambah 140 lbs (64 kg) jadi 5,530 lbs (2,475 kg), Touring ini nggak bikin kecewa soal handling. Kemudi tetap tajam, suspensi tetap kokoh, dan kamu nggak akan merasa ini mobil “kalah kelas” dibandingkan sedan. Rasanya malah lebih seru dibandingkan Audi RS6 atau BMW X5 M ketika diajak ngebut di jalanan berliku.
Motor listrik 194 hp (197 PS / 145 kW) di transmisi otomatis delapan percepatan berfungsi kayak pemanasan sebelum turbocharger ganda mengeluarkan taringnya. Sensasi “ditendang” ketika gas ditekan dalam benar-benar bikin adrenalin terpacu!
M5 sedan terbaru dengan fender melebar udah bikin kita terkesan, tapi Touring malah makin memukau. Desain shooting brake-nya bikin mobil ini jadi pusat perhatian di mana pun dia melintas. Di AS, ini satu-satunya varian 5-Series dengan bodi panjang. Dijamin, banyak yang bakal melirik.
Buka bagasi, kamu akan disambut ruang kargo yang rata dengan kapasitas 17.7 cu-ft (500 liter). Lipat kursi belakang, dan ruangnya meningkat jadi 57.6 cu-ft (1,631 liter). Audi RS6 atau X5 M memang sedikit lebih lega, tapi Touring tetap cukup untuk kebutuhan keluarga.
Duduk di balik kemudi, kamu akan menemukan dashboard modern dengan layar lengkung, tapi yang bikin beda adalah detail khas M seperti setir M, tombol start merah, dan iDrive dial berlogo M. Kursi sport-nya juga nyaman banget, pas buat perjalanan jauh ataupun trackday.
BMW M5 Touring adalah jawaban sempurna untuk pertanyaan “kalau cuma boleh punya satu mobil, pilih yang mana?” Kombinasi performa brutal, handling mantap, desain ganteng, dan kepraktisan buat keluarga bikin wagon ini jadi idaman. Kalau kamu cari mobil keluarga yang fun tapi nggak mainstream, Touring ini jawabannya.
Discussion about this post